Cara Mengatasi SPAM pada Email

“You have mail!” demikian biasanya tampilan dilayar yang akan muncul jika anda pengguna sehari-hari jasa e-mail. Umumnya e-mail ini datangnya dari orang yang kita kenal atau teman diskusi di mailing list. Sayangnya banyak juga e-mail yang datang dari orang yang tidak kita kenal dan bahkan umumnya mereka mengirimkan e-mail dengan satu objektif yaitu memperoleh uang anda !

Umumnya e-mail tak dikenal ini dikenal sebagai “junk e-mail”, “bulk e-mail” atau “spam” yang merupakan berita / e-mail komersial yang tidak di undang & tidak kita inginkan yang banyak membanjiri Internet setiap hari ke setiap desktop penggunanya. Termasuk saya banyak sekali menerima junk e-mail tersebut.

Sialnya sering kali junk e-mail ini dikirimkan oleh orang-orang tanpa di undang yang umumnya sangat suka memberikan janji-janji muluk tanpa usaha untuk memenuhi janjinya.

Mengapa hal ini semua terjadi? karena Internet telah menjadi media yang sangat murah dan mudah bagi para pemasar / sales untuk mencapai jutaan orang sekaligus. Biasanya seorang sales yang akan menggunakan Internet akan membeli daftar e-mail tersebut dari broker e-mail list Jika anda cukup aktif berdiskusi di newsgroup, mailing list, di Web, di chat room dll maka kemungkinan besar e-mail address anda akan masuk ke broker e-mail list tersebut. Adalah kebohongan kalau ada yang mengatakan anda akan memperoleh keuntungan jika anda mengirimkan sedikit uang ke beberapa orang yang namanya terdapat dalam list yang dikirim ke anda. Surat berantai juga sama bohong-nya. Umumnya orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan memperoleh kerugian finansial (walaupun mungkin tidak besar).

Saran yang ingin saya sampaikan disini adalah:

* Proses saja semua e-mail yang tidak di undang sama persis dengan cara anda menerima orang meminta-minta sumbangan ke tempat anda.
* Skeptikal dengan semua berita kemungkinan memperoleh uang yang mudah yang masuk ke mailbox anda. Semua ini hanya scam tradisional yang dikirim melalui teknologi yang lebih modern.
* Jangan pernah percaya bahwa anda akan dapat menghasilkan uang lebih besar dengan cara mengirimkan uang ke orang seseorang yang ada di daftar yang dikirim ke anda melalui e-mail.

Dan masih banyak lagi tentunya. Cara paling ampuh yang saya tempuh saat ini, kebetulan saya menggunakan Microsoft Outlook Express untuk membaca mail saya, maka cara termudah yang saya lakukan adalah gunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express, kemudian di buat rule supaya semua mail dengan isi spam, atau dari alamat tertentu yang biasanya mengirim spam di delete langsung di server tanpa perlu di download sama sekali. Dengan cara itu kita tidak perlu membayar koneksi ke Internet hanya untuk menerima spam.

Post a Comment

0 Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...