Anda punya toko online? Apakah
produk-produk Anda laris manis di ranah maya? Kalau belum, artinya Anda
belum maksimal memasarkan produk-produk Anda secara online. Apalagi saat
ini semakin banyak saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda
tipis siap menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai
mencoba tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan
toko online Anda. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset penjualan
Anda akan meningkat drastis.
Facebook, hampir semua orang
memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah
terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada
Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang
sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage
Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah
tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib, hanya
cukup dengan sekali klik saja, Anda bisa mengirimkan promo-promo Anda ke
semua orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Ini artinya Anda
menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen. Selain itu
juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook ataupun di
website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan memudahkan
produk Anda dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu
produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.
Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini
bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab,
bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu.
Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda.
2. Website Mobile
BlackBerry, iPhone dan Android,
ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak
terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko
online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon
konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang
mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan
posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk
yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online
yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan
segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga.
Ketika Anda bingung bagaimana caranya
agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk
mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali
website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang
produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet,
semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda
jual.
Bisnis
berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online
biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa
mengakses keberadaan Anda saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare.
Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang
bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal,
tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko
Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan
banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para
pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda,
Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon
konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon
konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya
berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu.
Siapa
bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba
sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat
iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi,
cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu
membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik
sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda semakin menggoda.
Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga
para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel
yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.
Hanya membuka lapak di toko online
sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online
Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di
website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik Anda menjadi naik
dan akan semakin sering didatangi darimana saja.
Baik berjualan secara real ataupun
online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang
punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering
dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko
sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan.
Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda
secara berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran
harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya
ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin
sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda.
Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online
yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak
gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen
yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
Visualisasi desain toko online yang
bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih
nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang
sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk,
dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa
dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih
cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula,
Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan
berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau
yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin
dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia
butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan
membutuhkan waktu, sedangkan para calon konsumen Anda bisa saja sibuk
dan ingin cepat-cepat membeli apa yang mereka butuhkan saat itu juga.
Resolusi 1024×768,
banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja
terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak
resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440
ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat
website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya
saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja.
Tak jarang pula kebanyakan website toko
online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini
rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman
satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke
bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih
produk yang dibutuhkannya.
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana
Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu
halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat.
Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. Bisa Anda bayangkan
ketika Anda memasang produk dengan animasi-animasi Flash di dalamnya
untuk mempercantik. Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash, maka
animasi ini tak akan muncul, justru akan membuat ruang kosong saja
nantinya.
Tentu saja animasi AJAX yang ditampilkan
ini tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis,
konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih
ringan dan cepat diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen
pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Mereka akan datang
lagi dan datang lagi. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik
website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website
toko online Anda.
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil
memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang
cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan
yang disampaikan pada pengguna.
Masih banyak sekali website toko online
yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini
membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula,
akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser
tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang
baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi
ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu
Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda. Misalkan Anda
menjual produk-produk untuk para wanita, maka akan cocok bila Anda
gunakan huruf yang luwes dan terkesan feminin.
Toko online yang modern saat ini
rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog
produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun
ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari
kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar
ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.
Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti tidak
akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik
mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga
mata akan betah untuk berlama-lama menatapnya.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran.
0 Comments